CUSTOMER SERVICE

0821-27138546
0877-44482938
0815-64838168
0877-29672688
D1148CAF
10 Pembeli Terakhir »
1 22-08-17 Nenden Herlina
Cirebon
2 22-08-17 Saifuddin
Banjarbaru
3 21-08-17 Nursonia
Martapura
4 21-08-17 Tati siswati
Kuningan
5 21-08-17 Burhanudin
Jakarta
6 16-08-17 Bu Utiyah
Cirebon
7 14-08-17 Ibu Utiyah
Cirebon
8 14-08-17 Dadang Saiful
Bandung
9 14-08-17 Irwan Wijaya
Pekanbaru
10 11-08-17 Amir Harsono
Bekasi
* Terjual : 21226 botol
Obat Kolesterol

Arti Penting Mengetahui Tingkat Kolesterol Normal Di Tubuh Anda

10-Nov-2015
Kolesterol adalah senyawa lemak yang di produksi oleh beragam sel pada badan, serta kira-kira seperempat kolesterol yang dihasilkan pada badan di produksi oleh beberapa sel hati. Pada intinya tubuh memerlukan kolesterol untuk terus sehat. 

Tetapi, tingkat kolesterol tinggi bisa menambah resiko penyakit jantung, stroke, serta buruknya aliran darah. Kontrol kolesterol dalam darah bermanfaat untuk mendeteksi resiko itu. 

Kontrol kandungan kolesterol baiknya dikerjakan berkala supaya bisa memonitor keadaan kesehatan keseluruhannya. Lalu, kapan baiknya kita mulai melakukan kontrol kandungan kolesterol? 

Apabila Anda merokok, mempunyai berat tubuh yang berlebihan, tekanan darah tinggi, menderita diabetes serta ada keluarga yang mempunyai riwayat penyakit jantung, baiknya mulai melakukan kontrol mulai sejak umur 20 thn.

Tetapi, bila Anda tak merokok serta tak menderita penyakit-penyakit itu kontrol bisa diawali mulai sejak umur 35 thn. Bila dinyatakan normal, Anda bisa kembali mengeceknya tiap-tiap 5 thn sekali. Namun, bila Anda mempunyai tingkat kolesterol tinggi, baiknya kontrol lebih sering dilaksanakan. Terutama, bila Anda menderita penyakit diabetes, jantung serta masalah ginjal. 

Ada dua tipe kolesterol, yaitu kolesterol baik serta kolesterol jahat. Kolesterol baik (HDL-High Density Lipoprotein) berperan untuk menghindari terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah disebabkan lemak. Sedang kolesterol jahat (LDL-Low Density Lipoprotein) adalah satu diantara penyebab paling utama pembentukan ateroma. Kecuali kolesterol baik serta jahat, ada lemak berbentuk lain dalam darah yang dikatakan trigliserida. 

Ateroma sendiri adalah penyebab penyakit jantung yang di kenal pula semacam ateroklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Ateroma ialah plak lemak yang menumpuk di dinding arteri pembuluh darah. Sesudah berbulan-bulan, malahan bertahun-tahun, plak itu menebal serta meluas. Ketika inilah, pembuluh darah tersumbat serta menyebabkan aliran darah tak lancar. Keadaan ini bisa mengakibatkan serangan jantung, stroke, atau permasalahan serius yang lain. 

Tingkat kolesterol tiap-tiap orang berlainan, bergantung pada apa yang dikonsumsinya. Kecuali itu, tiap-tiap orang bisa mempunyai tingkat kolesterol yang tidak sama juga walau mengosumsi makanan yang sama. Pada sejumlah orang, kolesterol tinggi dapat cuma dikarenakan oleh aspek keturunan 

Saat sebelum melakukan kontrol tingkat kolesterol, Anda mesti berpuasa terlebih dulu sekitar 9-12 jam. Pengukuran kandungan kolesterol dikerjakan dengan tahu berapakah miligram (mg) kolesterol yang ada dalam tiap-tiap desiliter (dL) darah. 

Di bawah ini kandungan normal untuk beberapa jenis kolesterol yang ada pada darah. 

Kolesterol baik 

Makin tinggi tingkat kolesterol baik atau HDL, jadi bakal makin baik untuk kesehatan. Ini lantaran HDL membuat perlindungan dari penyakit jantung. Tingkat HDL minimum 60 mg/dL atau semakin dapat menolong kurangi resiko penyakit jantung. Demikian sebaliknya, tingkat HDL kurang dari 40 mg/dL malah menambah resiko penyakit jantung. 

Kolesterol jahat 

Lantaran sifatnya yang jahat, LDL atau kolesterol jahat baiknya ada pada tingkat yang rendah atau bisa ditolerir tubuh, yakni kurang dari 100 mg/dL. Jumlah LDL 100-129 mg/dL bisa disebutkan semacam ambang batas toleransi. Bila melebihi jumlah itu kolesterol jahat bisa mengakibatkan beragam permasalahan kesehatan seperti ateroma, penyakit jantung, serta stroke. 

Jumlah LDL 130-159 mg/dL bisa disebutkan masuk ambang batas tinggi, apabila jumlahnya sudah meraih 160-189 mg/dL telah masuk level tinggi. Sedang jumlah LDL 190 mg/dL serta selebihnya, telah ada pada level amat tinggi. 

Trigliserida 

Lemak ini pula bisa tingkatkan resiko penyakit jantung. Jadi, makin rendah tingkat trigliserida, jadi bakal makin baik untuk kesehatan. Jumlah trigliserida 150-199 mg/dL bisa disebutkan ada pada ambang batas tinggi, serta jumlah 200 mg/dL atau lebih termasuk juga tingkat trigliserida tinggi. Beberapa orang membutuhkan perawatan bila mempunyai kandungan trigliserida pada ke-2 level itu. 

Kolesterol total 

Kolesterol keseluruhan adalah paduan dari jumlah kolesterol baik, kolesterol jahat, serta trigliserida dalam tiap-tiap desiliter darah. Umumnya, dengan memperhatikan kandungan kolesterol keseluruhan serta HDL saja telah bisa melukiskan keadaan umum kandungan kolesterol Anda. Tetapi, bila kolesterol keseluruhan sejumlah 200 mg/dL atau lebih, atau HDL kurang dari 40 mg/dL, Anda butuh melakukan kontrol kolesterol komplit yang meliputi LDL serta trigliserida. 

Kandungan kolesterol yang kurang dari 200 mg/dL masih tetap dapat ditolerir. Jumlah kandungan kolesterol 200-239 mg/dL telah masuk pada ambang batas tinggi. Bila jumlahnya meraih 240 mg/dL atau lebih termasuk juga tingkat kolesterol tinggi. 

Makanan yang Diperlukan 

Untuk melindungi kandungan kolesterol normal, jauhilah makanan yang memiliki kandungan lemak trans. Lemak ini dapat kita dapatkan pada makanan yang digoreng, margarin serta camilan seperti biskuit. 

Di bawah ini berbagai macam/jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk turunkan kandungan kolesterol dalam darah. 

  • Ikan seperti ikan sarden, makerel, salmon, serta tuna, kaya bakal kandungan omega 3 yang baik untuk jantung. 
  • Gandum, kaya bakal serat larut yang bisa turunkan tingkat kolesterol jahat. Dalam satu hari, Anda sekurang-kurangnya membutuhkan 5-10 gr serat larut. Satu 1/2 cangkir gandum yang sudah dimasak memiliki kandungan seputar 6 gr serat. Anda bisa memberikan buah diatas bubur gandum untuk memperkaya rasa. 
  • Kacang-kacangan seperti almond, pistachio, hazelnut, serta yang lain bisa turunkan resiko penyakit jantung. Anda bisa ganti makanan berlemak seperti keju serta daging dengan kacang-kacangan. 
  • Minyak zaitun, memiliki kandungan antioksidan yang bisa turunkan tingkat kolesterol jahat. Pakai dua sendok makan minyak zaitun dalam satu hari untuk salad atau masakan Anda. 
Melindungi konsumsi makanan bergizi untuk membatasi kandungan kolesterol jelek memanglah bagus, namun langkah untuk melakukan gaya hidup sehat pula sama utamanya. Awalilah hentikan kebiasaan-kebiasaan lama yang jelek, seperti merokok serta konsumsi minuman keras. Demikian sebaliknya, mulai lakukan diri untuk olahraga secara teratur.
Berita / Artikel Lainnya :
Scroll Top